Mudah Bro! 5 Tips Membuat Sertifikat Keren dan Profesional!

illustrasi membuat sertifikat dengan desain yang menarik

Membuat sertifikat dengan desain menarik bisa menjadi pertimbangan agar nantinya selembar sertifikat semakin berharga bagi penerimanya. Meskipun sertifikat hanya berupa satu lembar kertas saja tetapi sertifikat memiliki nilai yang sangat besar. Karena sertifikat tersebut dapat menjadi bukti prestasi yang telah berhasil dicapai oleh seseorang. Sebagai bentuk penghargaan biasanya membuat sertifikat desain menarik sangat dipertimbangkan oleh pihak penyelenggara acara.

 

Tips Mudah Membuat Sertifikat Dengan Desain Menarik

Saat ini banyak kegiatan yang memberikan sertifikat bagi para pesertanya terutama dalam sebuah kompetisi. Dimana sertifikat tersebut tak hanya menjadi bukti prestasi seseorang melainkan juga sebuah kebanggan bagi pemiliknya. Tak heran jika sertifikat selalu dijaga dan disimpan dengan baik agar tidak rusak dan awet.

Perkembangan dunia percetakan menjadikan desain sertifikat kian beragam dan semakin menarik. Membuat sertifikat desain menarik banyak diminati para penyelenggara acara karena desain yang menarik akan membuat penerima sertifikat merasa lebih senang dan dihargai. Oleh karena itu bagi Anda yang berencana ingin membuat sertifikat sebaiknya perhatikan beberapa pertimbangan desainnya. Berikut ini akan dijelaskan tips membuat sertifikat desain menarik untuk menambah wawasan Anda.

 

1. Jangan Gunakan Teks yang Terlalu Banyak!

Membuat sertifikat desain menarik upayakan untuk tidak menyertakan teks dalam jumlah yang terlalu banyak. Sebaiknya sertifikat tersebut memiliki lebih banyak ruang kosong yang berada diantara barisnya. Anda hanya cukup menambahkan tulisan informasi yang benar-benar penting saja pada sertifikat agar terkesan lebih profesional dan informasi yang tertera lebih mudah terbaca.

 

2. Gunakan Warna yang Sesuai dengan Tujuannya

Membuat sertifikat desain menarik tak bisa lepas dari pemilihan warna yang tepat. dalam hal ini Anda harus memilih warna yang sesuai dengan fungsi sertifikat tersebut. Misalnya saja ketika akan memberikan sertifikat pada karyawan sebagai penghargaan sebaiknya pilih warna formal seprti biru, hitam dan abu-abu dengan warna dasarnya putih. Sedangkan untuk penghargaan yang lebih santai bisa memilih paduan warna yang cerah dan ceria.

 

3. Pakai Font Yang Bervariasi, namun Mudah dibaca!

Pastikan memilih font yang bervariasi agar sertifikat tersebut semakin menarik. Dalam hal ini Anda bisa memilih font yang berbeda untuk bagian nama penerima dan prestasi yang diraih. Selain itu sesuaikan pula layout dengan warna tersebut sehingga akan tampak perpaduan font yang tepat. Perlu Anda ingat sebaiknya hindari menggunakan terlalu banyak jenis font karena bisa merusak desain sertifikat Anda.

 

4. Jangan Salah! Pilih Jenis Kertas yang Tepat

Membuat sertifikat desain menarik juga sangat dipengaruhi oleh pemilihan jenis kertas sertifikat  yang tepat. Meskipun desain sertifikat Anda sangat bagus tetapi jika salah memilih jenis kertas nantinya akan berdampak pada hasil cetakan yang kurang memuaskan. Bahkan desain sertifikat yang bagus akan tampak biasa saja sehingga tidak sesuai dengan harapan Anda.

Oleh karena itu sebaiknya saat proses mendesain sertifikat, upayakan pula untuk menyesuaikan jenis kertas dengan desain tersebut. Biasanya ketebalan dan jenis kertas akan mempengaruhi kesan penerimanya. Dalam hal ini semakin tebal kertas sertifikat biasanya membuktikan bahwa prestasi yang diraih memang sangat membanggakan. Sedangkan kertas yang lebih tipis menunjukkan prestasi yang diraih memiliki nilai yang kurang istimewa.

 

5. Sebelum dicetak Teliti kembali Sertifikatnya!

Agar desain sertifikat Anda semakin menarik sebaiknya pastikan terlebih dahulu nama yang tertulis pada sertifikat sudah sesuai dan benar. Biasanya penulisan nama penerima yang salah akan menimbulkan rasa kecewa tersendiri bagi penerimanya.

 

Mengingat berharganya nilai sebuah sertifikat sebaiknya saat akan membuat sertifikat Anda benar-benar memperhatikan tips yang telah dijelaskan diatas. Dengan begitu nantinya saat membuat sertifikat desain menarik hasilnya akan benar-benar memuaskan dan sesuai dengan tema acara sehingga penerimanya akan merasa bangga. Sekian pembahasan mengenai tips membuat sertifikat dengan desain yang menarik.

Exit mobile version