5 Jenis Peluang Usaha Yang Menjanjikan, Wajib Punya Skill Ini!

illustrasi jenis peluang usaha yang menjanjikan

Dalam artikel ini akan dibahas tentang beberapa tipe peluang usaha yang bisa dilakukan tanpa membutuhkan karyawan. Permasalahan yang sering ditemui dalam memulai sebuah usaha adalah modal yang tinggi. Ketakutan akan membayar karyawan adalah salah satu kendala yang umum ditemui.

Segala cara harus di tempuh untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses. Pada tahap awal usaha, penghematan biaya menjadi tugas penting yang harus dilakukan dengan baik. Salah satu cara untuk menekan pengeluaran tersebut adalah dengan tidak memiliki karyawan terlebih dahulu (biasa dinamakan solopreneur).

Menjadi solopreneur memiliki sebuah kekurangan, yaitu harus bekerja ekstra untuk menutupi kekurangan dan semua pekerjaan harus dikerjakan sendiri. Dan tentu saja keuntungan yang didapatkan adalah dapat menghemat biaya banyak.

Berikut ini tipe-tipe peluang usaha yang dapat dijalankan dengan tidak menggunakan karyawan.

 

1. Freelancer

Dengan memiliki kemampuan khusus, seperti menulis, desainer grafiscoding, SEO, digital marketing, menjahit, dan lainnya, kemampuan tersebut dapat dijual ke perusahaan atau ke kolega yang membutuhkannya dan bekerja sebagai paruh waktu (Freelance).

Sebagai langkah awal, membuat sebuah website untuk menawarkan jasa sebagai langkah promosi dan memasang iklan secara digital untuk mencari potensi pelanggan. Ini semua dapat dilakukan sendiri tanpa menggunakan jasa orang lain.

 

2. Fotografer atau videografer

Fotografi dan Videografi adalah skill menarik yang sedikit susah untuk dipelajari. Bagi seseorang yang memiliki kemampuan dalam kedua bidang tersebut dapat memanfaatkannya untuk dijadikan sebagai kesempatan untuk memulai peluang usaha.

Memulai usaha tanpa modal yang besar dapat dijalani dalam bidang videografi dan fotografi. Peralatan yang dibutuhkan seperti kamera, tripod, lensa, komputer, dan peralatan lainnya dapat disewa sehingga tidak membutuhkan modal yang besar dalam menjalankan usaha ini. Target pelanggan untuk usaha ini tentunya adalah untuk acara seperti pernikahan, ulang tahun, iklan, ataupun foto makanan.

Hasil foto dapat dimasukkan kedalam web untuk menjadi portofolio agar calon pelanggan dapat melihat hasil karya yang telah anda hasilkan.

 

3. Bisnis kuliner

Memasak adalah hal yang mudah dilakukan, akan tetapi tidak setiap masakan enak untuk di santap. Bagi seseorang yang memiliki talenta masak, membuka sebuah catering kecil dapat menjadi pilihan dalam memulai usaha.

Tentukanlah target pasar. Target pasar yang dapat ditujukan kepada kantor, atau hanya sekedar menargetkan catering rumahan. Dengan mengetahui target pasar, maka cara pemasaran dapat disesuaikan dengan baik.

Lalu mulailah untuk menentukan makanan yang ingin dibuat. Contohnya makanan sehat, makan cepat saji, makanan lokal dan lainnya. Sebagai langkah awal untuk memulai dapat memberikan promosi kepada teman atau orang sekitar dengan memberikan nasi box secara gratis dan meminta pendapat akan rasa, penampilan, harga dan lainnya untuk dijadikan masukkan yang dapat membangun usaha anda kedepannya.

 

4. Konsultan bisnis

Jika anda seorang profesional yang sudah mencapai posisi General Manager keatas, anda dapat membuka jasa konsultan untuk membantu pengusaha dalam mengurus managemen yang buruk. Pastinya anda memiliki kerabat yang menjadi pengusaha, tidak ada salahnya untuk menawarkan jasa konsultasi bisnis untuk usaha mereka.

Bisnis ini sangat mengandalkan rekomendasi untuk dapat berkembang. Jika anda sukses, sebuah testimonial dari pelanggan anda akan sangat membantu anda untuk menawarkan jasa anda kepada orang lain.

 

5. Event Organizer

Tidak semua orang ingin sibuk dengan urusan urusan pesta, disini adalah peluang usaha untuk menawarkan jasa anda. Sebuah event, pesta ulang tahun, bridal shower adalah sebuah acara kecil yang dapat anda buat tanpa menggunakan karyawan. Pastikan anda selalu mencari inspirasi yang update pelanggan anda tidak bosan dengan tema tema dekor yang monoton.

 

Exit mobile version