Ukuran Pamflet Standar Yang Sering Digunakan

Materi promosi apapun baru akan efektif jika diatur dengan ukuran yang sesuai, termasuk pamflet. Ukuran ini harus diatur guna dapat menyampaikan informasi dengan singkat dan jelas sesuai ruang yang tersedia. Jika memiliki bujet yang cukup banyak, mungkin orang dapat berpikir ingin mencetak di ukuran besar atau berapa saja. Namun seharusnya tidak demikian, karena ukuran tidak hanya sekadar masalah biaya. Pamflet dan brosur akan mempunyai manfaat yang maksimal jika dibuat sesuai dengan ukuran yang pas.

Ukuran pamflet ini berhubungan langsung dengan bagaimana foto dapat dimasukkan, seperti apa produk atau layanan diuraikan, dan seberapa banyak informasi pendukung lainnya bisa dimasukkan. Namun selain itu juga, mengatur ukuran dapat memengaruhi efektivitas dan bentuk lipatan yang dapat diterapkan. Dan biasanya memang itu tujuannya, karena pamflet sebenarnya adalah brosur yang dilipat.

Guna mempermudah untuk mengingat ukuran pamflet, kita bisa menggunakan acuan dari ukuran kertas seri A yang telah populer di Indonesia. Salah satunya yang sangat populer adalah A4. Namun terdapat beberapa seri A lain yang juga kerap digunakan untuk pamflet. Berikut ini adalah di antaranya.

Ukuran Pamflet Standar

1. Pamflet A3

Pamflet A3 ini biasanya adalah ukuran yang paling besar yang paling kerap digunakan. Ukuran ini sangat cocok jika Anda ingin memasukkan informasi yang cukup banyak. Namun tentu biayanya pun lebih mahal karena membutuhkan kertas lebih banyak. Selain itu, pada penggunaannya pamflet A3 bisa dilipat 2 atau 3 atau lebih. Jika tidak dilipat, tentu akan terlalu besar dan sulit disebarkan. A3 dalam sentimeter adalah 42 cm x 29,7 cm, sedangkan dalam milimeter adalah 420 mm x 297 mm.

2. Pamflet A4

Pamflet A4 ini sama seperti ukuran kertas yang biasa digunakan untuk fotokopi dan printer rumah atau kantor. A4 ini adalah ukuran untuk pamflet sedang dan yang paling sering digunakan, biasanya dengan dilipat 3 atau dilipat 2.

Ukuran ini populer karena memiliki ruang yang cukup ideal untuk promosi. Tidak hanya pamflet, majalah, buku, poster, dan banyak materi promosi lain yang juga menggunakan ukuran A4. A4 dalam sentimeter adalah 21 cm x 29,7 cm, sedangkan dalam milimeter adalah 210 mm x 297 mm.

3. Pamflet A5

Pamflet A5 ini cocok digunakan untuk proyek cetak dengan kuantitas banyak, karena belum terlalu kecil atau masih dapat dikatan ideal dan dengan harga yang lebih murah. Namun tentu penggunaannya adalah seadanya. Seringkali hanya dilipat 2 saja, tapi bisa juga dilipat 3 supaya dapat masuk ke dalam saku, dengan begitu pamflet menjadi sangat fleksibel. Ukuran A5 seringkali ditujukan untuk pamlet yang secara langsung disebar-sebarkan, bisa di jalan atau di pameran dagang. Tentu harus menargetkan audiens yang tepat, supaya tidak hanya membuang-buang bujet promosi dan boros kertas. A5 dalam sentimeter adalah 21 cm x 14,8 cm, sedangkan dalam milimeter adalah 210 mm x 148 mm.

4. Pamflet A6

Pamflet A6 sama dengan ukuran post card. Dengan ukuran kecil ini, maka hanya dapat memasukkan sedikit informasi dan hanya dapat dilipat 2. Dengan ruang yang sangat terbatas, informasi yang dimasukkan harus benar-benar dioptimalkan. Ukuran pamflet A6 ini biasanya dapat dimasukkan ke dalam paket kemasan tertentu. Misalnya jika memiliki bisnis yang mengirim barang ke konsumen dengan jasa pengiriman, maka dapat menyelipkannya ke dalam paket sebagai bentuk pemberitahuan produk baru yang akan diadakan atau ditawarkan. A6 dalam sentimeter adalah 10,5 cm x 14,8 cm, sedangkan dalam milimeter adalah 105 mm x 148 mm.

5. Pamflet Kustom Paling Umum

Ukuran pamflet juga bisa dipersonalisasi selain ukuran di atas. Di bawah ini adalah beberapa ukuran kustom yang paling umum.

A. Ukuran 21,6 x 27,9 cm

B. Ukuran 21 x 21 cm

C. Ukuran 20  x 25 cm

Ukuran kustom juga ini bisa digunakan sebagai standar personal bagi perusahaan untuk memiliki ciri khas sendiri.

Demikian pembahasan tentang ukuran pamflet, semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin membuatnya.

Exit mobile version