Tips Mudah Dalam Mendesain Poster Layanan Masyarakat

Poster Layanan Masyarakat

Poster Layanan masyarakat yang digunakan untuk menarik perhatian masyarakat agar lebih peduli kepada masalah-masalah sosial di sekitarnya tentu selalu menggunakan desain yang unik. Layanan masyarakat banyak di terapkan dalam berbagai media namun yang sering dijumpai serta mudah untuk mengaplikasikannya adalah menggunakan media poster. Oleh karena itu anda pasti sering menjumpai berbagai poster layanan masyarakat di berbagai tempat. Ada berbagai macam poster layanan masyarakat salah satunya adalah larangan merokok atau bahaya merokok. Untuk membuat poster layanan masyarakat tidaklah terlalu sulit, anda bisa menyimak tips berikut untuk membuat desainnya.

Membuka Lembar Kerja Baru Untuk Desain Poster Layanan Masyarakat

Langkah pertama bukalah aplikasi Adobe Illustrator dan buatlah lembar kerja baru dengan File>New atau Ctrl+N dengan ukuran A4 atau 21×29,7 cm. Ubah spacing menjadi 3 dan Bleed keseluruhan menjadi 0,3 cm sebagai lebihan saat mencetak.

Gunakan Rectangle tool kemudian klik dua kali pada lembar kerja anda dan ubah ukurannya menjadi lebih besar dari media untuk membuat lebihan saat akan di cetak yaitu menjadi 21,6 x 30,3 cm

Kemudian ubah warna dasar backgrounnya dengan menjadi C:1 M:33 Y:49 K:0 atau kode warna #F5B585 menggunakan color picker.

Baca Juga : Cara Terbaik Menyajikan Poster

Gunakanlah rectangle tool lagi, klik dua kali pada lembar kerja dan ubah ukurannya menjadi 21,6 x 5,3 cm. Letakkan di bagian atas secara sejajar.

Ubah warnanya dengan C:1 M:20 Y:30 K:0 atau dengan kode warna #F8CEAF. Duplikat kotak anda tadi dengan klik Alt dan drug kotak anda. tempatkan posisinya di bawah lembar kerja.

Tetap gunakan rectangle tool anda dan buatlah kotak keliling pada bagian dalam lembar kerja anda. Ubah warna dalamnya menjadi tidak ada dan pada bagian strokenya gunakan 5pt serta ubah warnanya menjadi C:24 M:94 Y:93 K:19 atau #A32C28.

Meletakan Image Beresolusi Tinggi

Selanjutnya masukkanlah gambar yang akan anda masukkan untuk layanan masyarakat anda dengan File>Open. Pilih gambar yang akan anda masukkan kemudian klik Open. Letakkan gambar anda di tengah-tengah lembar kerja anda.

Menambahkan Text Yang Menarik Pada Poster

Gantilah menggunakan Type Tool dan tulislah tulisan FREE dengan font Rockwell Extra Bold Reguler dengan ukuran 110pt. Ganti pula warnanya dengan C:24 M:94 Y:93 K:19 atau kode warna #A32C28. Letakkan posisinya sejajar pada kotak bagian atas.

Tetap gunakan Type Tool dan ketikkan BREATH. Ubah fontnya dengan Rockwell Extra Bold Reguler dan ukuran 110pt. Gantilah warnanya dengan C:24 M:94 Y:93 K:19 atau kode warna #A32C28. Letakkan di bagian kotak yang bawah secara sejajar.

Gunakan Type tool untuk menulis YOUR dengan font Rockwell Extra Bold Reguler dan ukuran 65pt. Ubah warnanya dengan C:24 M:94 Y:93 K:19 atau kode warna #A32C28. Letakkan posisinya di atas tulisan breath sejajar kiri kanan.

Gradasi Warna Pada Poster

Gantilah tool anda degan rectangle tool, klik dua kali pada lembar kerja anda dan ubdah ukurannya menjadi 10,8×30,3 cm.

Letakkan kotak yang baru saja anda buat sejajar di sebelah kiri lembar kerja anda. Ubah warnanya dengan C:100 M:100 Y:100 K:100 atau kode warna #000000. Kemudian ubahlah opacitynya menjadi 10%.

Menyimpan File Desain Poster Layanan Masyarakat

Langkah terakhir adalah simpan file anda dengan File Save As atau Ctrl+S menggunakan file asli Adobe Illustrator atau dengan File>Export menjadi file PDF dan pilihlah High Quality Print agar file anda memiliki kualitas yang tinggi.

Sekarang File anda Sudah Siap untuk digunakan untuk kebutuhan promosi Digital seperti di Facebook, Instagram atau juga bisa digunakan untuk kebutuhan promosi offline seperti mencetak Poster dengan ukuran A2 atau dengan ukuran A0. Pastikan anda menggunakan file dengan resolusi yang bagus untuk melakukan promosi layanan masyarakat sehingga orang dapat tergerak untuk berubah menjadi yang lebih baik.

Exit mobile version