Mengenal Jenis Bahan Kertas Untuk Cetak Kartu Nama

Berikut pembahasan mengenai jenis bahan kertas untuk cetak kartu nama yang sering digunakan. Kebutuhan kartu nama tidak lagi menjadi suatu hal yang sangat asing lagi mengingat banyak sekali orang yang memiliki kartu nama untuk kepentingan tertentu. Sering kali beberapa orang yang memiliki usaha tertentu akan sangat membutuhkan keberadaan kartu nama sebagai media untuk mempromosikan usaha tersebut. bahkan beberapa usahawan juga mencoba untuk mencetak kartu nama sebagai jalan melakukan pencitraan terhadap usahanya.

Bahkan dengan memiliki kartu nama akan memunculkan kesan yang sangat positif di mata orang lain. Terkait akan hal itu Anda pun kini perlu tahu berbagai jenis kertas kartu nama yang beredar di pasaran. Pada hakikatnya ada berbagai jenis kertas kartu nama yang sering kali dipilih oleh setiap orang dengan mempertimbangkan berbagai keuntungan ataupun kerugiannya.

Jenis Bahan Kertas Untuk Cetak Kartu Nama

Tentunya setiap kartu nama yang dibuat dari kertas tertentu akan menghasilkan kualitas yang berbeda pula. Berikut ini beberapa jenis kertas kartu nama yang bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk Anda yang ingin mencetak kartu nama.

1. Art Paper

Satu dari sekian banyak jenis kertas kartu nama yang sering kali digunakan adalah jenis kertas art paper. Untuk jenis yang satu ini memiliki permukaan yang mengkilap, licin dan juga halus. sedangkan ketebalan dari kertas art paper ini sangatlah beragam mulai dari 85 gram, 100 gram, 115 gram, 120 gram hingga mencapai 150 gram. Untuk cirri dari kertas art paper ini pada dasarnya sangat lambat untuk melakukan penyerapan atas cairan yang menetes di atasnya. Sehingga bisa dikatakan bahwa kertas kartu nama ini akan kotor ketika terkena tinta.

2. Art Carton

Selain art paper jenis kertas kartu nama yang lainnya adalah art carton. Jenis kertas yang memiliki ketebalan mulai dari 190 gram hingga 400 gram ini ternyata memiliki cirri yang hampir sama dengan art paper. Dengan ketebalan yang sangat berbeda dengan art paper jenis kertas ini memiliki permukaan yang sangat mengkilat sehingga permukaan tersebut akan sangat susah untuk dicoreti dengan menggunakan tinta. Untuk mempercantik tampilan dari kartu nama yang terbuat dari bahan art carton ini, sering kali pihak pengrajin kartu nama tersebut memberikan laminasi glossy atau yang dikenal dengan sebutan doff.

3. Blues White (BW)

jenis kertas kartu nama yang satu ini memiliki permukaan halus seperti beberapa yang tersebut di atas. Akan tetapi untuk kertas yang satu ini tidak memiliki lapisan. Untuk lebih mudahnya jenis kertas ini memiliki bentuk layaknya kertas manila dengan tekstur yang kaku dan pastinya juga bisa ditulisi. Perlu diketahui bahwasannya kertas ini hanya bisa dicetak pada bagian satu sisi saja.

4. Mohawk Option

Bahan impor untuk pembuatan kartu nama ada yang dikenal dengan sebutan Mohawk option. Untuk jenis kertas kartu nama yang satu ini memiliki ketebalan mulai dari 104 gram hingga mencapai 234 gram. Hal yang sangat membedakan antara jenis kertas ini dengan lainnya bahwa untuk kertas Mohawk option ini dibuat dari bahan daur ulang atas kertas yang bekas. Dengan permukaan yang halus kertas yang satu ini tidak memiliki pelapis sehingga menjadikan daya serap yang bagus. Untuk para desain grafis jenis kertas ini sangat digemari dan sering kali dijadikan sebagai bahan kartu nama yang dicetak dengan bolak-balik.

5. Linen Jepang

Bahan lokal yang juga digolongkan sebagai jenis kertas kartu nama dikenal dengan sebutan kertas linen Jepang. sering kali jenis kertas ini digunakan sebagai bahan piagam. Terkait dengan teksturnya kertas linen jepang ini memiliki garis-garis sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan kartu nama untuk perusahaan.

6. Splendorgel

Jenis kertas kartu nama yang lain adalah splendorgel yang memiliki sifat sangat halus berwarna putih dan juga kaku. Penggunaan bahan ini akan menghasilkan kualitas kartu nama yang sangat baik mengingat permukaannya yang halus. untuk Anda yang menginginkan kartu nama dengan blok warna Anda bisa memilih jenis kertas splendorgel ini.

Berbagai jenis kertas kartu nama bisa digunakan sebagai pilihan Anda yang ingin membuat kartu nama untuk media promosi atau pencitraan terhadap usaha yang sedang Anda rintis. Berbagai bahan pembuatan kartu nama ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan yang kemudian bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan ketika membuat kartu nama. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan hasil kartu nama yang sangat memuaskan. Sekian pembahasan mengenai jenis bahan kertas untuk cetak kartu nama.

Exit mobile version