Kenali 8 Jenis Bahan Kaos Yang Populer di Indonesia

Kenali 8 Jenis Bahan Kaos Yang Populer di Indonesia

Jenis dari bahan kaos ternyata sangat banyak dan beragam. Jika Anda ingin terjun kedalam dunia fashion atau clothing, ataupun untuk mendalami bisnis sablon baju maka anda wajib untuk mengetahui dan mengenal jenis bahan kaos yang sering dijumpai. Pemahaman tentang berbagai jenis bahan kaos tersebut penting karena dari setiap bahan tersebut mempunyai karakter dan keunikannya masing-masing. Jenis bahan – bahan yang digunakan untuk pembuatan kaos diantaranya yaitu:

Cotton Combed

Bahan cotton combed dibuat dari 100% serat kapas murni. Bahan combed memiliki karakteristik yang halus, nyaman, dingin dan menyerap keringat ketika dikenakan. Sehingga ini membuat cotton combed sangat cocok digunakan pada negara dengan iklim tropis seperti Indonesia.

Bahan combed terdiri tiga varian berdasarkan ketebalan bahan kainnya, yakni:  Combed 20s, 24s, 30s. Kain 20s memiliki ketebalan yang paling tebal, sedangkan combed 30s memiliki ketebalan yang paling tipis. Kain Combed 20s merupakan kain yang paling popular digunakan untuk bahan kaos pakaian distro karena nyaman dikenakan dan tidak mahal.

Bahan Kaos Carded

Carded adalah sistem pemilahan benang dengan carding atau digaruk, hingga menghasilkan serat kapas yang tidak sehalus combed. Hasil rajutan dan penampilan bahannya kurang rata. Harganya pun relatif lebih murah dibandingkan cotton combed. Karena bahan ini harganya relatife murah, maka sering kali digunakan untuk menyasar pasar menengah ke bawah, seperti seragam buruh pabrik, dan juga kaos oblong olahraga.

Polyester dan PE

Polyester merupakan jenis bahan yang terbuat dari serat sintesis atau buatan, bahan ini merupakan hasil dari sampingan minyak bumi yang digunakan sebagai pembuatan bahan serat fiberpoly. Bahan ini tipis dan tidak dapat menyerap keringat, sehingga panas ketika dikenakan.

Teteron Cotton (TC)

Bahan kaos ini disebut TC atau Teteron Cotton. Teteron Cotton merupakan hasil gabungan antara 35% cotton combed dan 65% polyester. Bahan TC ini mirip seperti PE, terasa panas ketika dikenakan dan memiliki kemampuan menyerap keringat yang buruk. Kelebihan dari bahan TC ini adalah tidak mudah melar dan tahan kusut walaupun sudah lama digunakan.

Viscose

Viscose, atau yang orang lebih umum menyebutnya sebagai rayon. Bahan ini terbuat dari bahan serat sintesas celulosa organic ( buatan manusia ) yang biasa gunakan sebagai bahan kain. Teksturnya hampir mirip dengan kapas. Viscose biasanya digunakan untuk menambah kenyamanan pada serat sintesis dan juga menambah kecerahan warna. Jenis bahan viscose mempunyai tahan kelembapan yang tinggi, kecerahan warna yang baik, dan lebih lembut dibandingkan kapas. Oleh karena itu jenis bahan ini terkesan mewah dan harganya mahal.

Cotton Viscose (CVC)

CVC atau Cotton Viscose merupakan campura dari 45% viscose dan 55% cotton combed. Bahan ini memiliki kelebihan dibanding bahan lainnya karena tingkat penyusutan polanya (shrinkage) lebih kecil dibanding cotton. Bahan ini juga menyerap keringat sehingga nyaman digunakan.

Bahan Kaos Hyget

Hyget merupakan bahan yang dibuat dari plastik dan sangat tipis. Karena itu kain Hyget memiliki harga yang murah. Karakteristik yang demikian membuat kain hyget tidak layak untuk dijadikan kaos. Hyget Biasanya digunakan untuk pembuatan kaos murah dengan jumlah massal dan keperluan kampanye menggunakan kaos bahan ini.

Polo

Jenis bahan ini terbuat dari bahan PIQUE dan sering disebut LACOSTE. Memang lacoste merupakan sebuah brand, itu karena brand tersebut banyak menggunakan bahan ini.  Umumnya bahan kaos ini sering digunakan untuk pembuatan kaos berkerah. Karakternya sangat nyaman dipakai dan tidak kaku. Bahan kaos Polo belakangan ini sangat populer untuk dijadikan sebagai salah satu jenis merchandise yang dibagikan oleh perusahaan untuk promosi.

Nah itu lah beberapa jenis bahan kaos yang perlu untuk anda ketahui. Karena dari setiap bahan tersebut memiliki karakter yang berbeda – beda. Pemahaman terhadap jenis bahan diperlukan untuk menyesuaikan dan memaksimalkan fungsi dari kaos tersebut.

Exit mobile version