Jenis Kertas Stiker Yang Sering Digunakan Untuk Mencetak

Jenis Kertas Stiker Yang Sering Digunakan Untuk Mencetak

Berikut berbagai jenis kertas stiker yang paling sering digunakan untuk mencetak. Mendengar kata stiker sudah pasti Anda juga mengetahui bentuk dari barang tersebut. Sebuah kertas yang dicetak dengan bagian belakangnya bisa direkatkan ke permukaan lainnya ini ternyata memiliki berbagai manfaat. Salah satu manfaat yang dari stiker ini adalah untuk melakukan promosi.

Dengan menggunakan stiker sangat dimungkinkan Anda akan bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar atas penjualan produk Anda. Terkait akan hal itu kini saatnya Anda berfikir untuk mengenal berbagai jenis kertas untuk stiker yang nantinya bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan dalam mendapatkan hasil stiker yang bagus.

Selain itu dengan mengetahui berbagai jenis kertas untuk stiker Anda nantinya juga bisa melakukan penghematan biaya promosi melalui pemilihan bahan kertas yang sesuai dengan menyesuaikan budget yang tersedia. Berikut ini beberapa jenis kertas stiker yang perlu Anda ketahui sebelum Anda memutuskan untuk membuat stiker untuk keperluan Anda.

Beberapa Jenis Kertas Stiker

1. Kertas Vinyl

Salah satu jenis kertas stiker yang pertama adalah kertas vinyl. Dikenal sebagai kertas pembuat stiker jenis kertas yang satu ini memiliki bentukan yang sangat lentur yang memberikan manfaat atas daya tahannya yang lebih lama dibandingkan dengan jenis kertas lainnya.

Tentunya dengan kelebihan yang demikian ini menjadikan kertas ini sangat cocok untuk diperuntukkan sebagai stiker yang dipasang pada bagian dalam ataupun luar rumah mengingat bahan ini sangatlah tahan terhadap perubahan cuaca. Sayangnya untuk kertas untuk stiker ini hanya bisa dicetak dengan laser jet print bukan menggunakan inkjet. Untuk mengenali lebih jauh kertas ini adalah permukaannya yang mengkilap atau glossy.

2. Kertas Bontak / Bontax

Sedangkan kertas untuk stiker yang lainnya adalah kertas bontak yang memiliki kelebihan pada daya rekatnya yang sangat baik. terkait dengan kelebihannya kertas stiker yang satu ini sering kali digunakan pada kemasan makanan ataupun produk lain yang berfungsi sebagai label. Untuk menambah daya tahannya menjadi lebih baik Anda bisa menambahkan laminasi. Sedangkan untuk mencetak stiker dengan menggunakan kertas stiker ini Anda bisa menggunakan printer inkjet.

3. Kertas Chrome

kertas untuk stiker yang selanjutnya adalah kertas chrome yang memiliki cirri khas pada permukaannya yang terdapat glitter sehingga menjadikan kertas tersebut berkilau ketika terpapar di bawah sinar. Sayangnya jenis kertas ini tidak bisa diprint dan hanya dimanfaatkan pada kendaraan yang difungsikan untuk meminimalisir gesekan pada kendaraan.

4. Kertas HVS

Sama seperti halnya dengan kertas HVS pada umumnya kertas untuk stiker yang satu ini sangat mudah untuk didapatkan dan sering kali difungsikan oleh beberapa pihak untuk kepentingan masing-masing. Dalam hal ini kertas HVS tersebut bisa dicetak dengan menggunakan print inkjet sehingga hal ini akan memudahkan pihak terkait.

Meskipun demikian kertas HVS ini juga memiliki daya rekat yang tidak terlalu kuat dibandingkan dengan kertas stiker yang lain. Selain itu kelemahan dari jenis kertas stiker ini adalah bagian lem yang sering kali mengelupas. Penggunaan dari kertas stiker ini yaitu untuk stiker yang difungsikan sebagai souvenir.

5. Chromo

Jika Anda menginginkan adanya tindakan pencetakan separasi kertas untuk stiker yang dikenal dengan sebutan kertas Chromo ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Jenis kertas ini sering kali dimanfaatkan sebagai label dari kemasan sehingga sudah pasti jika daya rekatnya juga sangat baik. Sayangnya untuk kertas stiker ini memiliki kekurangan mudah luntur ketika permukaannya terkena air hujan sehingga sangat disarankan untuk menempelkan stiker ini di dalam ruangan saja.

6. Kertas Yupo

Siapa sangka jika kertas untuk stiker juga ada yang terbuat dari bahan sintetis dengan daya rekatnya yang sangat luar biasa bagusnya. Sudah tentu jenis kertas yang demikian ini tahan terhadap air minyak dan juga bahan kimia. Dengan adanya kelebihan tersebut kertas ini sangatlah cocok untuk digunakan sebagai barcode label produk dan juga brosur.

Pada hakikatnya banyak sekali jenis kertas untuk stiker yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan. Tentunya setiap jenis kertas stiker tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal ini tentunya juga mempengaruhi harga jual dari kertas stiker tersebut. untuk itu pastikan selalu melakukan pertimbangan dalam membeli kertas stiker saat Anda berencana untuk membuat stiker. Pastikan membeli kertas stiker sesuai dengan kebutuhan.

Exit mobile version