Cara Terbaik Menyajikan Poster Iklan

Poster iklan telah digunakan oleh banyak perusahaan untuk keperluan bisnis. Baik untuk iklan produk, promosi suatu acara, mengedukasi audiens terkait visi dan misi perusahan, ataupun keperluan bisnis lainnya. Poster dulu populer dalam berbentuk media cetak, sekarang ini poster dalam bentuk digital juga populer. Mencetak poster merupakan salah satu teknik cetak grafika, yaitu digital printing yang sedang berkembang ini.

Isi Poster Iklan

Pada poster iklan, informasi utama bisa diperbesar supaya dapat dibaca dari kejauhan. Dan jika tidak memiliki begitu banyak informasi, dapat menggunakan infografis sederhana untuk mengilustrasikannya. Namun jika Anda memang memiliki lumayan banyak informasi, perlu menyusunnya dengan lebih terstruktur. Misal dengan menggunakan judul besar, kemudian mengatur tata letak desain dengan rapi supaya nyaman dibaca.

Kesalahan Desain Poster

Kesalahan paling sering terjadi dalam menyajikan poster adalah terlalu banyak menambahkan informasi. Padahal kebanyakan orang membaca poster adalah untuk mengetahui deskripsi singkat acara, tanggal, waktu, lokasi, dan tempat di mana orang bisa mendapatkan informasi lebih lanjut, dalam hal ini kontak atau alamat website.

Memang dengan menyajikan banyak informasi tidak membuat poster kehilangan aspek informasi untuk dibaca. Namun justru membuatnya lebih mirip dengan dokumen atau laporan. Sedangkan fungsi poster bukan untuk informasi panjang seperti itu. Karena tidak mungkin ada orang senang membaca dokumen di dinding. Mereka biasanya hanya lewat dan membacanya sekilas.

Bereksperimen Dengan Tipografi

Saat menyajikan poster, banyak informasi yang dapat diekspresikan dalam bentuk teks. Untuk itu, dapat bereksperimen dengan macam-macam jenis tipografi dan mencoba macam-macam font untuk membuat tampilan yang paling ideal.

Font yang sedikit unik mungkin diperlukan untuk dapat menciptakan kesan yang lebih kuat. Namun tentu harus tetap dapat dibaca dengan mudah dan nyaman.

Hierarki Penyajian Poster

Misal pada poster acara bisa disusun dengan struktur berikut.

1. Nama acara

2. Nama perusahaan

3. Deskripsi singkat acara yang menarik dan mengajak

4. Tanggal dan waktu acara

5. Lokasi acara

6. Tempat di mana mereka bisa mendapatkan informasi lebih lanjut, seperti situs web atau kontak

Kendati hanya ada enam hal utama itu yg harus disertakan, poster harus dibuat informatif dan semenarik mungkin supaya audiens tergugah untuk mengikuti acara. Namun tentu tergantung juga pada acara yang diselenggarakan menarik atau tidak. Jika tujuannya adalah untuk mengiklankan produk atau keperluan bisnis lain, tinggal menyesuaikan susunan konten Anda.

Buat Desain Tetap Sederhana

Buat desain yang mampu mengalihkan perhatian dari objek sekitar juga bisa menambah efektivitas poster. Poster iklan adalah salah satu jenis media cetak promosi yang paling efektif dan sering digunakan oleh pemasar untuk memperkenalkan produknya atau untuk meningkatkan penjualan.

Ukuran Dan Bentuk Poster Iklan

Anda dapat menyajikan poster iklan dalam berbagai bentuk dan ukuran. Poster berukuran A4 memungkinkan Anda untuk membawa dan memasangnya lebih mudah, terutama dipasang pada papan di tempat-tempat umum.

Namun untuk dampak visual yang lebih besar, ukuran poster yang lebih besar seperti A3 atau lebih mungkin bekerja lebih baik. Poster yang lebih besar dengan penuih warna memiliki peluang lebih besar untuk memengaruhi dan menarik perhatian audiens. Tetapi hanya gunakan jika Anda memiliki tempat yang bagus untuk memajangnya. Ukuran A3 di tempat umum biasanya mengganggu dan bahkan mungkin dilarang di tempat-tempat umum tertentu.

Pertimbangkan Lokasi Pemasangan

Faktor penting lain adalah tempat pemasangan poster iklan. Pengaturan visual harus disesuaikan supaya tidak mengacaukan situasi di sekitarnya dan orang-orang yang melihatnya juga dapat menghargai poster yang Anda pasang. Lalu hal lain adalah penyesuaian warna dengan media vertikal poster, misalnya jika dipasang pada media dinding yang berwarna gelap, pemilihan warna dapat dibuat terang supaya tidak menyaru atau menyatu dengan warna dindingnya.

Exit mobile version