Berbagai Jenis Bentuk Dan Ukuran Kalender

Berbagai Jenis Bentuk dan Ukuran Kalender

Berikut berbagai jenis bentuk dan ukuran kalender yang bisa menambah wawasan serta menjadi bahan pertimbangan bagi Anda yang membutuhkan kalender untuk keperluan promosi dan branding perusahaan atau bisnis. Saat ini usaha percetakan maupun percetakan khusus kalender memang kian berkembang seiring banyaknya jumlah pesanan kalender dari berbagai instansi. Selain bisa sebagai penunjuk tanggal, kalender juga sangat efektif sebagai sarana promosi terlebih kini terdapat jenis-jenis kalender yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Jenis-jenis Kalender Ditinjau Bentuk Dan Ukuran

Dalam memilih kalender biasanya masyarakat mempertimbangkan beberapa hal mulai dari desain, bentuk, ukuran hingga harga kalender tersebut. Pastinya kebanyakan konsumen akan memilih kalender dengan kualitas bagus tetapi harganya terjangkau. Padahal sebetulnya harga kalender sangat dipengaruhi oleh jenis dan hasil kalender tersebut. Semakin bagus kalender pastinya akan memiliki harga yang lebih mahal.

Bagi Anda yang berencana akan memesan kalender untuk promosi sebaiknya pilihlah jasa percetakan yang terpercaya. Karena jasa yang terpercaya biasanya dapat menghasilkan kalender yang berkualitas, harga terjangkau serta sesuai keinginan. Tetapi sebelum memesan kalender sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis-jenis kalender sebagai referensi serta bahan pertimbangan Anda. Berikut akan dijelaskan jenis-jenis kalender yang perlu Anda ketahui.

1. Kalender Duduk

Jenis-jenis kalender yang satu ini biasanya cocok diletakkan diatas meja karena ukurannya yang tidak terlalu besar serta cukup praktis digunakan. Biasanya kebanyakan orang yang memesan kalender duduk untuk keperluan promosi bagi orang-orang kantoran yang kebanyakan bekerja di depan komputer. Untuk desain kalender ini menggunakan background berupa foto produk atau foto lainnya yang sesuai dengan kebutuhan kalender tersebut.

2. Kalender Dinding Setiap Bulan

Sebetulnya jenis-jenis kalender dinding cukup beragam karena tersedia dalam bentuk serta ukuran yang bervariasi. Salah satu jenis kalender dinding adalah kalender setiap bulan dimana pada setiap lembar kalender tersebut akan menampilkan tanggal selama 1 bulan. Dengan begitu kalender jenis ini akan terdiri dari 12 lembar halaman bahkan bisa lebih karena adanya sampul dibagian depan kalender. Untuk ukuran kalender jenis ini umumnya sekitar 20 x 35 cm atau bisa lebih besar maupun kecil sesuai permintaan. Desain kalender yang minimalis dipadu dengan foto-foto yang menarik tentu bisa menjadi media promosi yang efektif.

3. Kalender Dinding Isi Beberapa Bulan

Jenis kalender ini sudah tak asing lagi bagi masyarakat karena biasanya kalender ini diperoleh dari perusahaan atau souvenir dari pembelian suatu produk. Sesuai dengan namanya, dalam 1 halaman kalender bisa berisi 3-4 lembar. Dimana untuk kalender 3 lembar biasanya berisi 4 bulan tanggalan pada setiap halamannya. Sedangkan kalender 4 lembar berisi 3 bulan tanggalan setiap halamannya. Agar kalender semakin menarik ditambahkan pula foto-foto yang berkaitan dengan sebuah kegiatan perusahaan atau produk perusahaan tersebut.

Bahkan banyak instansi maupun organisasi yang memesan kalender ini sebagai promosi maupun branding. Ukuran kalender dinding isi beberapa bulan umumnya sekitar 32 x 48 cm dengan menggunakan bahan kertas yang tipis lalu terdapat jepitan pada bagian atasnya agar kalender mudah digantung.

4. Kalender Dinding 1 Halaman Isi 12 Bulan

Jenis-jenis kalender berikutnya adalah kalender dinding 1 halaman isi 12 bulan. Biasanya jenis kalender ini banyak diminati karena harganya yang ekonomis dan simpel. Umumnya kalender jenis ini berukuran sekitar 32 x 48 cm dan menggunakan kertas yang tebal atau kertas foto. Proses pembuatan kalender jenis ini juga lebih cepat karena tak hanya terdiri 1 halaman saja tetapi juga tanpa menggunakan jepitan gantungan pada bagian atasnya.

5. Kalender 12 Bulan HVS / Kwarto

kalender jenis ini dicetak dengan menggunakan kertas HVS atau Kwarto sehingga ukurannya menyesuaikan ukuran kertas tersebut. Biasanya proses pembuatan kalender ini bisa dengan memakai printer biasa. Agar lebih menarik pada bagian latar belakang kalender bisa ditambahkan dengan foto sesuai dengan kebutuhan serta fungsi kalender tersebut. Karena dicetak menggunakan printer biasa biasanya membuat tinta pada kalender mudah luntur jika terkena air.

Melalui penjelasan diatas Anda bisa memperoleh wawasan baru mengenai jenis-jenis kalender yang mungkin masih belum Anda ketahui. Saat ini kalender memang masih menjadi media promosi yang banyak diminati karena selain menarik juga memiliki fungsi yang lebih karena sebagai penunjuk tanggal. Bahkan semakin bagus kualitas kalender bisa menambah penilaian masyarakat terhadap profesionalisme sebuah perusahaan atau bisnis.

Exit mobile version