6 Tips Membuat Kartu Lebaran, Makin Cantik dan Elegan Banget!

illustrasi tips membuat kartu lebaran yang sederhana

Lebaran adalah hari libur keagamaan yang dirayakan oleh umat muslim, yang ditandai dengan akhir puasa ramadhan selama satu bulan. Lebaran ini merupakan waktu terbaik bagi mereka semua yang merayakan untuk berkumpul bersama teman dan seluruh keluarga. Dalam memeriahkan perayaan lebaran, bisa menambahkan dengan kartu ucapan lebaran. Kartu-kartu ucapan yang bagus dan penuh warna bisa dibagikan untuk menyambut perayaan lebaran bersama yang bahagia.

Bagi para pemilik bisnis pun bisa memanfaatkan kartu ucapan lebaran untuk dibagikan kepada koneksi bisnisnya. Misal dengan cara dilampirkan dalam pengiriman hadiah tahunan atau bingkisan parcel kepada klien atau supplier ketika lebaran ini.

Berikut referensi untuk membuat kartu ucapan lebaran dengan sekreatif mungkin.

 

1. Gunakan Desain Sederhana Tetapi Unik

 Desain sederhana namun unik memiliki daya tarik yang luas. Ada berbagai cara untuk menghasilkan desain seperti itu. Misalnya dengan menggunakan font idul fitri dan menerapkan kombinasi warna-warni khas Lebaran dengan kontras yang pas. Biasanya warna-warna yang digunakan adalah hijau, biru, orange, dan ungu.

 

2. Gunakan Siluet Masjid biar makin Mengkilau

Supaya lebih tampak nuansanya, dapat pula menambahkan siluet masjid. Atau bisa juga siluet dalam bentuk beduk atau ketupat. Siluet ini menambahkan sentuhan khusus ke kartu ucapan lebaran. Dengan sentuhan khusus itu maka dapat mewakili perasaan yang ingin diucapkan. Selanjutnya dapat mengisi dengan kata-kata bijak idul fitri.

 

3. Fokus Pada Pesan yang Ingin di Sampaikan!

Pertahankan fokus pada pesan ucapan lebaran daripada yang lainnya. Dalam pembuatannya, jika menggunakan huruf dengan tulisan arab, maka perlu diperhatikan supaya tidak terjadi kesalahan yang bisa mengakibatkan salah persepsi dan bisa berakibat fatal. Jika tidak mengerti penggunaan tulisan arab dengan benar, lebih baik menggunakan bahasa abjad latin biasa yang bernuansa arab, karena yang terpenting dapat dipahami dan dimengerti bagi penerima kartu.

 

4. Atur Waktu yang Tepat Untuk Membagikannya

Supaya tidak terjadi masalah ketika pembagiaan, cetakan dapat dibuat lebih awal. Kartu sudah seharusnya disiapkan beberapa hari sebelum lebaran, atau kirimkan lebih awal untuk memastikan kartu lebih mudah diingat penerima.

 

5. Pilih Jenis Kertas Berkualitas agar Terlihat Elegan

Kendati desain kartu ucapan lebaran sudah sempurna, itu dapat digagalkan dengan mudahnya bila salah memilih jenis kertas. Kualitas kertas memastikan supaya kartu ucapan tidak terasa murahan. Paling tidak jenis kertas yang digunakan memiliki gramasi antara 210 – 310 gsm. Dalam hal ini, ada Art Carton, BW Carton, Linen, dan Beberapa lainnya.

 

Kartu ucapan lebaran ini bisa digunakan untuk keperluan personal maupun perusahaan. Jika selama ini hanya memberi ucapan lebaran melalui pesan singkat, kini tidak ada salahnya untuk memberi kartu lebaran ke teman. Atau bagi pemilik bisnis, bisa menggunakannya untuk dibagikan kepada koneksi bisnisnya.

Bagi perusahaan, kartu ucapan lebaran dapat menjadi tanda bahwa mereka bersedia berkorelasi lebih baik dengan pelanggannya. Kartu yang dicetak membuat kesan jauh lebih baik daripada hanya sekadar ucapan lewat email, yang kendatipun menarik, sepertinya agak kurang personal ke pelanggan.

Exit mobile version